Toyota Supra MK4 VS Toyota Supra 2019

Sejarah Kemunculan Nissan Skyline (Godzilla) dari Masa ke Masa


Hi para Blogger setia Automotif, kali ini saya akan menyampaikan Sejarah kemunculan Sang Godzilla tepatnya Nissan Skyline GT-R dari generasi pertama hingga generasi terbaru. Nissan  merupakan salah satu perusahaan mobil terkenal yang berasal dari Negara Jepang. Salah satu produksi mobil sport terbaik Nissan yaitu Nissan Skyline GT-R, produksi mobil sport mereka juga tidak kalah dari para pesaingnya.

  • Skyline Generasi Pertama (Prince Skyline)

Perjalanan sejarah Nissan GT-R dimulai sejak tahun 1957 ketika Prince Motor Company memperkenalkan sebuah mobil yang diberi nama Skyline yang menggunakan mesin empat silinder segaris dengan daya maksimum 58 HP dan kecepatan tertinggi 125 km/j. terdapat beberapa artikel yang mengatakan bahwa Prince Skyline memiliki kemiripan dengan mobil mobil amerika pada saat itu yaitu Chevrolet 1957, kemiripannya ada pada tampilan depan mobil.

  • Skyline Generasi Kedua  (Prince Skyline S21)

Kemudian Prince Skyline memiliki beberapa seri yang dikembangkan berupa ALSI-1, ALSI-2, BLSI-3 dan juga S21. dari beberapa seri tersebut, seri S21 lah yang memiliki kapasitas mesin yang cukup besar daripada seri lainnya. Seri S21 Skyline Sport memiliki mesin 1.862 cc 4-silinder segaris dengan tenaga 92 HP dan torsi 153 Nm dengan kecepatan tertinggi 150 km/j.

  • Skyline Generasi Ketiga (Nissan Skyline GT-R PGC-10)

 Nissan Skyline GT-R PGC-10 (Hakosuka)
Setelah S21, barulah muncul Skyline PGC-10 yang dijual di bawah pengembangan dari Prince dan dijual dengan nama Nissan. Di era tersebut generasi pertama dari Nissan yaitu Nissan Skyline PGC-10 yang kini akrab disebut sebagai ‘Hakosuka’ beradu cepat dengan mobil andalan lainnya, salah satu perusahaan kebanggan bangsa Jerman yaitu Porsche yang di era itu popularitasnya sudah jauh di atas Nissan. Pada model inilah juga, Nissan menggunakan nama GT-R yang memiliki kepanjangan Gran Turismo Racer. Muncul pertama kali pada tahun 1969.

  • Skyline Generasi Keempat (Nissan Skyline GT-R KPGC110)

Nissan Skyline GT-R KPG-110 (Kenmeri)
Generasi kedua dari Nissan yaitu Nissan Skyline GT-R KPGC110 yang akrab disebut sebagai Nissan ‘Kenmeri’. Nama 'Kenmeri' sebenarnya berawal dari iklan komersialnya yang menggambarkan sosok sepasang muda-mudi bernama Ken dan Mary sedang menjelajahi jalanan pedesaan di dalam kabin, Nissan Skyline ini hanya diproduksi sebanyak 197 unit. Perubahannya pada mobil ini pun tak begitu signifikan dari design sebelumnya yaitu Hakosuka. Kecuali fakta bahwa disinilah untuk pertama kalinya Nissan GT-R menggunakan rem cakram pada keempat rodanya. Namun di kemudian hari justru jumlah produksinya yang sangat minim itulah Nissan Skyline KPGC110 ‘Kenmeri’ banyak diburu oleh para kolektor di masa kini.

  • Skyline Generasi Kelima (Nissan Skyline 2000RS-X)

Kemudian Nissan Skyline baru muncul kembali sekitar enam belas tahun sejak era Kenmeri. Mobil yang muncul pada tahun 1984 dengan nama Nissan Skyline 2000 RS-X, memang bukan bagian dari seri GT-R, namun keberadaannya tetap memiliki peran terhadap sejarah perjalanan panjang Nissan GT-R sendiri. Karena bukan bagian dari seri GT-R, maka Skyline 2000 RS-X bukan pula merupakan generasi ketiga dalam sejarah Nissan GT-R.

  • Skyline Generasi Keenam (Nissan Skyline GT-R R32)

Nissan Skyline GT-R R32 (Godzilla)
Sebutan “Godzilla” sendiri baru muncul di era GT-R generasi ketiga dari Nissan yaitu R32. Nissan Skyline GT-R R32 menjadi tonggak beberapa catatan penting dalam sejarah GT-R. Pertama adalah fakta bahwa R32 merupakan proyek pertama dibawah komando Hiroshi Tamura, kedua lewat R32 ini pulalah untuk pertama kalinya Nissan GT-R dijual di luar Jepang diawali dari Australia dan menyusul negara lain di kemudian hari. Dan ketiga tentu saja untuk pertama kalinya Nissan GT-R mendapat sebutan "Godzilla".

  • Skyline Generasi Ketujuh (Nissan Skyline GT-R R33)

Nissan Skyline GT-R R34 (Kenmeri II)
Generasi keempat Nissan GT-R muncul pada tahun 1995 dalam wujud Nissan Skyline GT-R R33 yang dikenal sebagai ‘Kenmeri II’. Perubahannya sendiri tidaklah signifikan dibanding R32, kecuali ubahan desain eksterior yang membuatnya tampak sedikit lebih kalem dibanding pendahulunya yaitu Nissan Skyline GT-R R32.

  • Skyline Generasi Kedelapan (Nissan Skyline GT-R R34)

Nissan Skyline GT-R R34 adalah generasi kelima GT-R sekaligus generasi terakhir Nissan Skyline meroket reputasinya semenjak disertakan sebagai salah satu mobil dalam film layar lebar The Fast & The Furious. Bukan hanya terakhir kalinya nama Skyline disandang namun juga untuk terakhir kalinya Nissan menawarkan transmisi manual untuk seri GT-R. Menariknya meski hanya diproduksi dengan setir di sebelah kanan namun saat ini GT-R R34 banyak diminati di Amerika Utara terutama Kanada yang mengijinkan proses impornya secara legal meski tidak secara resmi dimasukkan oleh APM (Agen Pemegang Merek).

  • Skyline Generasi Kesembilan (Nissan GT-R R35)

Nissan GT-R R35 (Mecha Godzilla)
Nissan memunculkan kembali seri GT-R nya 11 tahun kemudian, Namun sejak kemunculan pertama R35, Nissan sudah tidak lagi menggunakan nama Skyline. Tetapi cuma menggunakan nama GT-R dan dengan lonjakan mesin yang besar dari versi sebelumnya. Kali ini ambisi besar Nissan begitu kental, bukan hanya ingin mendominasi Jepang dan negara-negara lain di sekitarnya namun lewat ‘Mecha Godzilla’ ini Nissan ingin mendominasi dunia, berhadapan dengan Ferrari, Lamborghini, McLaren dan nama-nama besar lain.



Sekian materi yang bisa saya sampaikan tentang sejarah Sang Godzilla, jika ada yang ingin ditambah / disampaikan bisa kalian tulis di Kolom Komentar. 

Terima Kasih  

Komentar

  1. MasterCeme, Agen CEME IDNPLAY Terpercaya di INDONESIA
    masterceme.com
    HOT PROMO :
    - THR akhir Tahun 2019
    - Referral 20%
    - Cashback 0.3%
    - Bonus Deposit Harian 5.000 / hari

    Link Alternatif :
    masterceme.info
    masterceme.net

    WA: +85578968600
    Line : Masterceme

    BalasHapus

Posting Komentar